sip

sip
ditengah

Jumat, 23 April 2010

KHALIFAH USMAN

KHALIFAH USMAN



PENDAHULUAN

A. Latar belahang
Usman ibn Affan merupakan khalifah islam yang ke Tiga..Usman digelari Dzunnuraian karena Rasulullah menikahikan dua putri Nabi yaitu Roqqoyah dan Ummu Kultsum. Beliau banyak mengabdikan dirinya untuk membela islam terbukti pada masa Nabi masih hidup Terbukti 950 unta dan 50 bagal ia dermakan untuk ekspansi melawan tentara Romawi ia naik menjadi khalifah setelah melalui prosesi persidangan yang sangat alot bersaing dengan Aly ibn Abi Thalib.{sk267-268} Corak pemerintakan Usman terbagi atas dua priode antara masa yang baik dan masa yang buruk. Banyak. kemajuan yang dicapai diantaranya perluasan wilayah dan sentralisi pusat pemerintahan.jugapengkodifikasian Al Qur`an sebagai standar bagi kaum muslimin.pemerintahanya berlangsung selama 12 Tahun.
Kebijakan politiknya mengangkat para kerabat dari klan Umayyah menimbulkan protes dari kalangan umat islam , apa lagi ulah orang dekatnya yang banyak melakukan penindasan dan kesewenang-wenangan atas nama khalifah. memicu pemberontakan dimana-mana. Penolakhanya atas tuntutan untuk menghukum marwan ibn Hakam berdanpak pada pengepungan rumahnya elama 40 hari dari bulan ramadlan hingga dzulhijjah , salah seorang pengepung berhasil masuk lewat tembok dan membunuhnya. Ia meninggal pada tanggal17 juni 656 M/35 H ketika sedang membaca al-Qur’an di rumahnya pada waktu pagi Idul Adha. Beliau mati syahid diusia 82 tahun. penukis mencoba menjelaskan dengan rumusan masalah :

1. Siapakah Usman Ibn Affan ?
2. bagaimana proses pengangkatan Usman menjadi khakifah ?
3. Kemana arah kebijakan politiknya ?
4. Apa saja keberhasikan yang telah ia capai ?
5. Baagaimana Ahir pemerintahan Usman ?
BAB II
PEMBAHASAN

A. Profil
Dilahirkan di Mekkah, 5 tahun setelah kelahiran Rasulullah atau 5 tahun setelah terjadi peristiwa gajah (peristiwa penyerbuan gajah terhadap Ka’bah yang dipimpin oleh Raja Abraha). Peristiwa ini diabadikan dalam salah satu surah al-Qur’an yang dikenal dengan surah al-Feil (gajah).
Nama lengapnya “Ustman bin Affan bin Abu al-‘Ashi bin Ummayah bin Abdussyam bin Abdul Manaf.[1] Meski begitu ia tidak dimasukan termasuk khalifah dalam dinasti Umayyah.yang berhuasa setelah Aly[2]
Nama panggilannya Abu Abdullah dan gelarnya Dzunnurrain (yang punya dua cahaya). Sebab digelari Dzunnuraian karena Rasulullah menikahikan dua putrinya untukny; Roqqoyah dan Ummu Kultsum. Ketika Ummu Kultsum wafat, Rasulullah berkata; “ Sekiranya kami punya anak perempuanyang ketiga, niscaya aku nikahkan denganmu.”[3]
Dari pernikahannya dengan Roqoyyah lahirlah anak laki-laki. Tapi tidak sampai besar anaknya meninggal ketika berumur 6 tahun pada tahun 4 Hijriah.Nama ibu beliau adalah Arwa binti Kuriz bin Rabiah. Beliau masuk Islam atas ajakan Abu Bakar, yaitu sesudah Islamnya Ali bin Abi Thalib dan Zaidbin
Haristah. Beliau adalah salah satu sahabat besar dan utama Nabi Muhammad SAW, serta termasuk pula golongan as-Sabiqun al-Awwalin, yaitu orang-orang yang terdahulu Islam dan beriman.
Utsman adalah seorang yang saudagar yang kaya tetapi dermawan. Beliau adalah seorang pedagang kain yang kaya raya, kekayaan ini beliau belanjakan guna mendapatkan keridhaan Allah, yaitu untuk pembangunan umat dan ketinggian Islam.
Semasa Nabi SAW masih hidup, Utsman pernah dipercaya oleh Nabi untuk menjadi walikota Madinah, semasa dua kali masa jabatan. Pertama pada perang Dzatir Riqa dan yang kedua kalinya, saat Nabi SAW sedang melancarkan perang Ghatfahan.
Utsman bin Affan adalah seorang ahli ekonomi yang terkenal, tetapi jiwa sosial beliau tinggi. Beliau tidak segan-segan mengeluarkan kekayaanya untuk kepentingan Agama dan Masyarakat umum.[4] ribadinya sangat pemalu hingga suatu ketika baju Rasulullah tersingkap hingga kelihatan pahanya. Kemudian Abu Bakar dan Umar masuk rumahnya. Pada waktu Utsman hendak minta izin masuk, Rasulullah menutup pahanya yang terbuka. Utsman berkata; “Ingat, aku betul-betul malu dengan seorang
yang malaikat sendiri merasa malu dengannya.[5]
Beliau termasuk 10 orang yang dikabarkan akan masuk surga.
Pada saat seruan hijrah pertama oleh Rasullullah Saw ke Habbasyiah karena meningkatnya tekanan kaum Quraisy terhadap umat Islam, Utsman bersama istri dan kaum muslimin lainnya memenuhi seruan tersebut dan hijrah ke Habbasyiah hingga tekanan dari kaum Quraisy reda.[6] Tak lama tinggal di Mekah, Utsman mengikuti Nabi Muhammad Saw untuk hijrah ke Madinah. Pada peristiwa Hudaibiyah, Utsman dikirim oleh Rasullah untuk menemui Abu Sofyan di Mekkah. Utsman diperintahkan Nabi untuk menegaskan bahwa rombongan dari Madinah hanya akan beribadah di Ka’bah, lalu segera kembali ke Madinah, bukan untuk memerangi penduduk Mekkah[7]
Selama hidupnya, beliau pernah meriwayatkan 147 hadits.
Diantara riwayat haditsnya; Rasulullah pernah bersabda; “Siapa diantara hamba Allah ketika pagi dan petang berdo’a; Bismillahilladhi la yadhurru ma’a ismhi syaiun fil ardhi wala fis-sama wa huwas sami’ul al-alim (Dengan nama Allah yang tidak ada sesuatupun yang dapat membahayakn dengan menyebut nama-Nya baik di bumi dan juga di langit. Dialah Dzat yang Maha mendengar dan mengetahui) tiga kali, maka Insyallah akan selamat dari segala bahaya (HR.Ahmad, sanadnya dhoif).[8]

B. Peroses pengangkatan khalifah Usman
Penobatan Usaman sebagai khalifah berbeda dengan yang dilakukan Abu Bakar kepada Umar,yang melalui jalan konstitusi dan penunjukan. Ketika sakit Umar akibat tikaman semakin parah para sahabat meminta agar Umar menunjuk seseorang sebagai penggantinya ,mulanya usulan ini ditolak Umar bahkan saat anaknya Abdullah diajukan sebagai kandidaat ia sangat geram, namun karna para sahabat terus mendesak, ahirnya beliau menyerah dan mengambil langkah membrntuk pormatur, yag terdiri dari enam orang ,yaitu;Usman ibn affan, Ali ibn Abi Thalib,Sa`ad ibn Abi waqaash, Zubair ibn Awam, Abdurahjman bin `Auf, dan Thalhah ibn `Ubaidillah ditambah Abdullah ibn Umar sebagai anggota tanpa hak pilih.
Mekanisme pemilihan : 1. pormatur bekerja paling lam 3 hari setelah Umar meninggal 2. musyawarah untuk menyepakati satu nama 3. jika terjadi perbedan dengan perbandingan 4-5 orang yang sepakat ,maka 1-2 oarangyang tidak sepakat harus disadarkan 4. jika suara berimbang maka dimasukan Abdullah ibn Umar sebagai pemilih, siapa yang dipailih Abdullah maka ialah yang menjadi khalifah 5. jika Abdullah tidak menjatuhkan pilihan maka calon yag dipilih Abdurrahman ibn `Auflah yang harus diterima.[9]{ ss.74-75 }
Keenam orang itu berkumpul. Abdurrahman bin Auff memulai pembicaraan dengan mengatakan siapa dia antara mereka yang bersedia mengundurkan diri. Ia lalu menyatakan dirinya mundur dari pencalonan. Tiga orang lainnya menyusul. Tinggallah Utsman dan Ali. Abdurrahman ditunjuk menjadi penentu. Ia lalu menemui banyak orang meminta pendapat mereka. Namun pendapat masyarakat pun terbelah.
Imar anak Yasir mengusulkan Ali. Begitu pula Mikdad. Sedangkan Abdullah anak Abu Sarah berkampanye keras buat Utsman. Abdullah dulu masuk Islam, lalu balik menjadi kafir kembali sehingga dijatuhi hukuman mati oleh Rasul. Atas jaminan Utsman hukuman tersebut tidak dilaksanakan. Abdullah dan Utsman adalah "saudara susu".
Konon, sebagian besar warga memang cenderung memilih Utsman. Saat itu, kehidupan ekonomi Madinah sangat baik. Perilaku masyarakat pun bergeser. Mereka mulai enggan pada tokoh yang kesehariannya sangat sederhana dan tegas seperti Abu Bakar atau Umar. Ali mempunyai kepribadian yang serupa itu. Sedangkan Ustman adalah seorang yang sangat kaya dan pemurah. Abdurrahman -yang juga sangat kayapun memutuskan Ustman sebagai khalifah. Ali sempat protes. Abdurrahman adalah ipar Ustman. Mereka sama-sama keluarga Umayah. Sedangkan Ali, sebagaimana Muhammad, adalah keluarga Hasyim.
Sejak lama kedua keluarga itu bersaing. Namun Abdurrahman meyakinkan Ali bahwa keputusannya adalah murni dari nurani. Ali kemudian menerima keputusan itu. Maka jadilah Ustman khalifah tertua. Pada saat diangkat, ia telah berusia 70 tahun. Ia lahir di Thalif pada 576 Masehi atau enam tahun lebih muda ketimbang Muhammad.[10]



C. Kebijakan politikn Usman
· sentralisi pusat pemerintahan[11].Langkah politokUsman diantaranya adalah menyempurnakan pembagian kekuasan pemerintahandenaga system kekuasan terpusat .{ sentralisi }dari seluruh pendapatan propinsi dan menetapkaan juru hitung. ini adalah pilihan strategis untuk menata adminstrasi Negara, karena semakin luasnya wilayaan kekusaan islam,juga banyaknya pegawai dan pasukan yang hrus digaji bahkan pendapata n Negara dibagi-bagikan untuk kepentingan migran Arab di daerah-daerah pendudukan yang jumlahnya maaakin meningkat[12].
· melanjutkan estafeta dakwah pada masa khalifah sebelumnya. Wilayah dakwah Islam menjangkau perbatasan Aljazair (Barqah dan Tripoli sampai Tunisia), di sebelah utara meliputi Allepo dan sebagian Asia Kecil. Di timur laut sampai Transoxiana dan seluruh Persia serta Balucistan (Pakistan sekarang), serta Kabul dan Ghazni. Utsman juga berhasil membentuk armada dan angkatan laut yang kuat sehingga berhasil menghalau serangan tentara Byzantium di Laut Tengah. Peristiwa ini merupakan kemenangan pertama tentara Islam dalam pertempuran dilautan.[13]

* Membakukan dan meresmikan mushaf yang disebut Mushaf UtsamaniPada masa Khalifah Usman Bin Affan, atas inisiatif Hudzaifah Bin
Yaman, salah seorang sahabat dekat Rasulullah, menyarankan kepada
Khalifah Usman agar segera mengusahakan keseragaman bacaan AlQur'an
dengan jalan menyeragamkan penulisan AlQur'an diantara bangsa-bangsa
Islam yang semakin besar dan menyebar.Penggandaan yang dilakukan oleh Khalifah Usman Bin Affan itu sendiriberdasarkan AlQur'an yang telah dibukukan oleh Khalifah Abu BakarShiddiq dan disimpan oleh Hafshah Bin Umar Bin Khatab dengan tetapdibawah pimpinan Zaid Bin Tsabit[14]


D. keberhasikan yang telah ia capai
Prestasi yang diperoleh selama beliau menjadi Khalifah antara lain :

1. Menaklukan Syiria, kemudian mengakat Mu’awiyah sebagai Gubernurnya.
2. Menaklukan Afrika Utara, dan mengakat Amr bin Ash sebagai Gubernur disana.
3. Menaklukan daerah Arjan dan Persia.
4. Menaklukan Khurasan dan Nashabur di Iran.
5. Memperluas Masjid Nabawi, Madinah dan Masjidil Haram, Mekkah.
6. Membakukan dan meresmikan mushaf yang disebut Mushaf Utsamani, yaitu kitab suci Al-qur’an yang dipakai oleh seluruh umat islam seluruh dunia sekarang ini. Khalifah Ustman membuat lima salinan dari Alquran ini dan menyebarkannya ke berbagai wilayah Islam.
7. Setiap hari jum’at beliau memerdekakan seorang budak (bila ada)[15]

Dakwah Islam pada masa awal kekhilafahan Utsman Bin Affan menunjukkan kemajuan dan perkembangan signifikan melanjutkan estafeta dakwah pada masa khalifah sebelumnya. Wilayah dakwah Islam menjangkau perbatasan Aljazair (Barqah dan Tripoli sampai Tunisia), di sebelah utara meliputi Allepo dan sebagian Asia Kecil. Di timur laut sampai Transoxiana dan seluruh Persia serta Balucistan (Pakistan sekarang), serta Kabul dan Ghazni. [16]
Di masa Ustman, ekspedisi damai ke Tiongkok dilakukan. Saad bin AbiWaqqasbertemu dengan Kaisar Chiu Tang Su dan sempat bermukim di Kanton.[17]Utsman juga berhasil membentuk armada dan angkatan laut yang kuat sehingga berhasil menghalau serangan tentara Byzantium di Laut Tengah. Peristiwa ini merupakan kemenangan pertama bagi umat Islam dalam pertempuran dilautan.[18]Beliau adalah kholifah kali pertama yang melakukan perluasan masjid al-Haram (Mekkah) dan masjid Nabawi (Madinah) karena semakin ramai umat Islam yang menjalankan rukun Islam kelima (haji). Bagitu juga membangun armada pasukan laut (merine) untuk umat Islam, mencetuskan ide polisi keamanan bagi rakyatnya, membuat bangunan khusus untuk mahkamah dan mengadili perkara.
Hal ini belum pernah dilakukan oleh kholifah sebelumnya. Abu Bakar bahkan sa Umar bin Khotob biasanya mengadili suatu perkaradimasjid.[19]

Pada masanya, khutbah Idul fitri dan adha didahulukan sebelum sholat. Begitu juga adzhan pertama pada sholat Jum’at. Beliau memerintahkan umat Islam pada waktu itu untuk menghidupkan kembali tanah-tanah yang kosong untuk kepentingan pertanian.[20]

E. Ahir pemerintahan Usman
Pada mulanya pemerintahan Khalifah Utsman berjalan lancar. Hanya saja seorang Gubernur Kufah, yang bernama Mughirah bin Syu’bah dipecat oleh Khalifah Utsman dan diganti oleh Sa’ad bin Abi Waqqas, atas dasar wasiat khalifah Umar bin Khatab.
Kemudian beliau memecat pula sebagian pejabat tinggi dan pembesar yang kurang baik, untuk mempermudah pengaturan, lowongan kursi para pejabat dan pembesar itu diisi dan diganti dengan famili-famili beliau yang kredibel (mempunyai kemampuan) dalam bidang tersebut.[21]
Inilah kekurangan yang serius pada diri Usman. Ia terlalu banyak mengangkat keluarganya menjadi pejabat pemerintah. Posisi-posisi penting diserahkannya pada keluarga Umayah. Yang paling kontroversial adalah pengangkatan Marwan bin Hakam sebagai sekretaris negara. Banyak yang curiga, Marwan-lah yang sebenarnya. Memegang kendali kekuasaan di masa Ustman.
Hal ini memicu penilaian ahli sejarah untuk menekankan telah terjadinya proses dan motif nepotisme dalam tindakan Utsman[22]. Bermula dari keberhasilan pemberontak mesir yang berhasial mengusi Adulah ib Sa`ad,sekitaar 500 orang dari merek aberangkat menuju madinah diperjalanaan mereka bertemu demgan pemberontak dari kufah dn basrah, merekapun ahirnya bergabung untuk menuntut khalifah agar meeeeeeeeeeendengar aspirasi mereka khalifahpun mendengar aspiras mereka untuk Muhammad ibn Abu Bakar sebagai khalifaf, Nnamun ditengah perjalanan mereka menemukan surat bahwa mereka akan dibunuh ,dan yang menulis surat adalah Marwar ibn Hakam. Lantas berebaliklah mereka kembali kemadinah untuk menuntut diserahkanya marwan.tetapi Usman menolak tuntutan mereka[23].
Pada masa kekhalifahanya, Abdullah bin Saba’, seorang Yahudi yang pura-pura masuk Islam, mengumpulkan massa untuk melakukan protes terhadap Utsman. Mereka menuntut Utsman agar tidak menunjuk orang-orang yang duduk di pemerintahannya dari keluarga Utsman. Utsman bukanlah kholifah yang rakus akan harta benda dan kekuasaan. Ijtihad Utsman dalam menentukan orang-orang yang menjabat di pemerintahnya didasarkan pada kompetensi dan kecakapan. Mereka yang dipilih adalah orang-orang yang ahli di bidangnya. Lebih dari itu mereka adalah orang-orang yang takwa. Dalam peristiwa ini, Utsman dibunuh ketika sedang membaca al-Qur’an di rumahnya pada waktu pagi hari raya Idul Adha. Beliau mati syahid pada tahun 35 Hijriah berumur 82.[24]

Khalifah Utsman kemudian dikepung oleh pemberontak selama 40 hari dimulai dari bulan Ramadhan hingga Dzulhijah. Meski Utsman mempunyai kekuatan untuk menyingkirkan pemberontak, namun ia berprinsip untuk tidak menumpahkan darah umat Islam. Utsman akhirnya wafat sebagai syahid pada hari Jumat tanggal 17 Dzulhijah 35 H ketika para pemberontak berhasil memasuki rumahnya dan membunuh Utsman saat sedang membaca Al-Quran. Persis seperti apa yang disampaikan Rasullullah Saw perihal kematian Utsman yang syahid nantinya. Beliau dimakamkan di kuburan Baqi di Madinah.[25]
Masa PemerintahannyaUsman: 23 - 35 H / 644 - 656 M[26]


BAB III
KESIMPULAN

Awal pemerintahan Usman masih normal dan makmur. Berbagai keberhasilan di bukukan khalifah Usman diantaranya; Menaklukan Syiria, Afrika Utara, daerah Arjan dan Persia., Khurasan dan Nashabur di Iran, Memperluas Masjid Nabawi, Madinah dan Masjidil Haram, Mekkah., Membukaan dan meresmikan mushaf yang disebut Mushaf Utsamani, Khalifah Ustman membuat lima salinan dari Alquran ini dan menyebarkannya ke berbagai wilayah Islam., memesuki enam tahun kedua keadaan berubah ,orang-orangmula eninggalkan Usman yag dianggap tidak bisaenangani masalah kenegaraaan yang kian taktenetu, hal ini membuat ia lebih mempercayaakan kebanyakan urusan pada kerabat dari bani Umayyah. Sikap Usman ini maki menebar kekecewaan dan kebancian pada diri khalifah, belum lagi para pejabat dari klan Umayyah yang sering melakukan korupsi, penindasan dan kesewenag-wenangan atas nama khalifah membuat Negara bergolak, pembrontakan dimana-mana, dan puncaknya ketika pendemo dari mesir basrah dan kufah menuntut diadilinya marwan ibn Hakam, di tolak oleh. Kekecewaan itu berbuntut pada pengepungan rumah khalifah selama 40 hari, sampai ahirnya pada hari Jumat tanggal 17 Dzulhijah 35 H ketika para pemberontak berhasil memasuki rumahnya dan membunuh UtsmaUtsman wafat sebagai syahid saat sedang membaca Al-Quran. Persis seperti apa yang disampaikan Rasullullah Saw perihal kematian Utsman yang syahid nantinya. Beliau dimakamkan di kuburan Baqi di Madinah.Masa pemerintahkankhalifah Usman dianggpa paling lama dari ke 3khalifah lainya antara:23-35H/644-656M





DAFTAR PUSTAKA

“Agama/sahabat-rasul-saw/utsman-bin-affan/” http://www.2lisan.com/, di akses tgl 17 April 2010
ANTOK,”utsman-bin-affan-biografi-singkat-khalifah-ke-3”/ ttp://halaqohdakwah.wordpress.com/2008/07/21/, di akses tgl 17 April 2010
AnSyalabi. “Sejarah dan hebudayaan Islam “ {Al- Husna Zikra : Jaharta , 1997}
“Biografi-usman-bin-affan.html “http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/
Http://forum.dudung.net/index.php?topic=1483.10;wap2, di akses tgl 17 April 2010
“Khulafaurrasyidin_nama_dan_prestasi_khalifah_allah_pengertian_definisi_danmasa pemerintahan”,http://organisasi.org/, di akses tgl 17 April 2010
Susiyanto.”menampik-tuduhan-nepotisme-dalam-pemerintahan-khalifah-utsman-bin-affan” http://www.muslimdaily.net/wacana/4353/,
Taufiqurahman. “Sejarah Sosial politik mmasyarakat Islam “ {Pustaka Islamika, :Surabaya, 2003}
“ Utsman-bin-affan.html”http://youdiek.blogspot.com/2009/03/, di akses tgl 17 April 2010
Yudhi.“khalifah-utsman-bin-affan-33-45.html” http://yudhim.blogspot.com/2008/01 , di akses tgl 17 April 2010

[1] http://www.2lisan.com/agama/sahabat-rasul-saw/utsman-bin-affan/, di akses tgl 17 April 2010
[2] Taufiqurahman. “Sejarah Sosial politik mmasyarakat Islam “ {Pustaka Islamika, :Surabaya 2003} ,73.


[3] AnSyalabi. “Sejarah dan hebudayaan Islam “ {Al- Husna Zikra : Jaharta . 1997}
, 266.

[4].“utsman-bin-affan-biografi-singkat-khalifah-ke-3/” http://halaqohdakwah.wordpress.com/2008/07/21/, di akses tgl 17 April 2010
[5].” utsman-bin-affan.htm “,http://youdiek.blogspot.com/2009/03/, di akses tgl 17 April 2010
[6] Taufiqurahman.”Sejarah Sosial politik mmasyarakat Islam”{Pustaka Islamika, :Surabaya 2003}, 74



[7].“ biografi-usman-bin-affan.html”, http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/, di akses tgl 17 April 2010
[8].” agama/sahabat-rasul-saw/utsman-bin-affan” /http://www.2lisan.com/ , di akses tgl 17 April 2010



[9] .Taufiqurahman, “Sejarah Sosial politik mmasyarakat Islam “ {Pustaka Islamika, :Surabaya, 2003},74-75, di akses tgl 17 April 2010
[10]. YudhI,” /khalifah-utsman-bin-affan-33http://yudhim.blogspot.com/2008/01di akses tgl 17 April 2010
[11] ANTOK ,” utsman-bin-affan-biografi-singkat-khalifah-ke-3/ http:// halaqohdakwah.wordpress.com/2008/07/21/, di akses tgl 17 April 2010.
[12] { AnSyalabi. “Sejarah dan hebudayaan Islam “ [Al- Husna Zikra : Jaharta . 1997 ] , 76, di akses tgl 17 April 2010

[13] Susiyanto, ” menampik-tuduhan-nepotisme-dalam-pemerintahan-khalifah-utsman-bin-affan”,
http://www.muslimdaily.net/wacana/4353/ , di akses tgl 17 April 2010




[14] http://forum.dudung.net/index.php?topic=1483.10;wap2, di akses tgl 17 April 2010
[15] .ANTOK ,” utsman-bin-affan-biografi-singkat-khalifah-ke-3/ http:// halaqohdakwah.wordpress.com/2008/07/21/, di akses tgl 17 April 2010

[16] Susiyanto, ” menampik-tuduhan-nepotisme-dalam-pemerintahan-khalifah-utsman-bin-affan”,
http://www.muslimdaily.net/wacana/4353/

[17] by Yudhi at http://yudhim.blogspot.com/2008/01/khalifah-utsman-bin-affan-33-45.html, di akses tgl 17 April 2010
[18] : Susiyanto, “menampik-tuduhan-nepotisme-dalam-pemerintahan-khalifah-utsman-bin-affan “ http://www.muslimdaily.net/wacana/4353/ , di akses tgl 17 April 2010
[19]. “utsman-bin-affan.html”, http://youdiek.blogspot.com/2009/03/ ,di akses tgl 17 April 2010

[20]. ANTO “/utsman-bin-affan-biografi-singkat-khalifah-ke-3/” http://halaqohdakwah.wordpress.com/2008/07/21, di akses tgl 17 April 2010
[21].” utsman-bin-affan-biografi-singkat-khalifah-ke-3”/ http://halaqohdakwah.wordpress.com/2008/07/21/ di akses tgl 17 April 2010
[22]. “menampik-tuduhan-nepotisme-dalam-pemerintahan-khalifah-utsman-bin-affan” http://www.muslimdaily.net/wacana/4353/ , di akses tgl 17 April 2010



[23] {Taufiqurahman. Sejarah Sosial politik mmasyarakat Islam , {Pustaka Islamika, :Surabaya } 2003 ; 79-80}
[24]. “utsman-bin-affan.html” http://youdiek.blogspot.com/2009/03 , di akses tgl 17 April 2010
[25] http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-usman-bin-affan.html, di akses tgl 17 April 2010

[26]http://organisasi.org/khulafaurrasyidin_nama_dan_prestasi_khalifah_allah_pengertian_definisi_dan_masa_pemerintahan di akses tgl 17 April 2010


Tugas Makalah Ini Untuk Memenuhi Mata Kuliah

S p i

Dosen pengampu : Tasmin M.ag


logo stain


Disusun oleh:

Ahmad Wahidin : 903300309


PRODI TAFSIR HADITS
JURUSAN USHULUDDIN
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
STAIN) TAHUN 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar